Tips Menghindari Pencurian Sepeda Motor – Saat ini ada banyak sekali kasus kejahatan pencurian sepeda motor di Indonesia apalagi di dalam Ibu Kota Jakarta.

Setiap hari selalu ada kasus pencurian sepeda motor hampir di seluruh Indonesia, biasanya para pelaku curanmor dapat melakukannya dengan mudah karena sasarannya sudah diawasi terlebih dahulu gerak geriknya.

Target utama dari pelaku curanmor biasanya menargetkan motor-motor keluaran terbaru atau motor yang terlihat masih bagus untuk di jual.

Kalau kamu mempunyai motor baru, maka kamu harus ikuti Tips Menghindari Pencurian Sepeda Motor berikut ini. Yuk Kita Simak apa saja yang membuat aman motor ketika ditinggal di parkiran.

Baca Juga: Daftar Mobil Tesla Yang Sudah Ada Di Indonesia.

Tips Menghindari Pencurian Sepeda Motor

1. Kunci Stang

Hal yang wajib semua orang lakukan saat memakirkan motor kamu tentunya harus mengunci stang. Mengkunci Stang dapat memperlambat gerakan dari para pelaku curanmor dalam beraksi.

Meski Pencuri lebih pintar, kamu juga harus menutup lubang dari kunci stang agar motor kamu sedikit lebih aman.

Banyak Pelaku curanmor masih bisa menjebol kendaraan yang sudah di kunci stang, jadi kamu perlu memasang alarm atau kunci tambahan.

2. Pasang Alarm

Banyak dari penggendara Motor juga sering memasang Alarm, Alarm gunanya memberi tahu orang sekitar kalau motor akan dicuri, jadi saat pencuri mulai duduk atau menggerakan motor biasanya alarm akan berbunyi kencang.

Alarm Motor juga bisa di beli di online maupun di bengkel saat ini, namun kehadiran dari Alarm bisa dibilang kurang efektif bagi sebagian orang.

3. Memasang Kunci Tambahan

Agar Motor semakin aman, saya akan mensarankan menambahkan kunci tambahan seperti gembok dan lainnya. Gembok Motor merupakan hal wajib yang harus dimiliki untuk kendaraan-kendaraan baru agar terhindar dari pelaku pencurian motor.

Dengan adanya gembok tambahan, tentunya dapat membuat pelaku curanmor kesulitan jika sudah berhasil menjebol kunci stang. Biasanya Gembok Motor dipasangkan di Cakram Depan dari motor atau ada Gembok yang mengkunci putaran ban secara penuh.

Dengan Adanya hal tersebut bisa membuat para pencuri sangat kesulitan dalam melakukan aksinya, meski Gembok Motor bisa juga dijebol.

4. Pasang Saklar Listrik Motor

Mungkin banyak yang binggung apa itu saklar listrik dan manfaatnya, Saya akan jelaskan detailnya berikut ini. Kamu bisa membawa motor kamu ke bengkel dan bertanya untuk memasang saklar listrik motor.

Manfaat dari saklar listrik adalah menghentikan aliran listrik dan tenaga sepeda motor ketika dihidupkan. Jadi saat kamu mengaktifkan saklar tersebut, kamu tidak bisa menghidupkan motor menggunakan starter ataupun engkol.

Biasanya kalau pemasangan saklar listrik di taruh dalam ke dalam jok motor, saklar motor ini terbilang sangat kecil agar terlihat tersembunyi di dalam jok motor.

Jika pencuri sepeda motor sudah bisa menjebol kunci stang maupun gembok, saklar ini juga hal yang paling efektif jika motor sudah dalam keadaan terbuka semua namun tidak bisa hidup.

5. Pasang GPS Tracker

Jika hal diatas masih bisa di curi oleh pelaku curanmor langkah terakhir yang bisa kamu lakukan adalah memasang GPS Tracker. GPS Tracker juga bisa kalian dapatkan secara online, maupun di bengkel. Namun GPS cukup sulit di dapatkan di berbagai daerah.

Manfaat dari GPS adalah memberikan lokasi tepat motor di manapun. Kamu bisa memasang GPS di dalam motor agar bisa mengetahui lokasi dari Motor milik kamu.

Jadi jika motor kamu di curi kamu bisa mencari melalu GPS dari HP dan melaporkan kepada polisi serta pergi ketempat lokasi terakhir dari GPS tersebut.