Motor saat ini menjadi alat transportasi Unggulan yang sering digunakan masyarakat Indonesia untuk menunjang aktivitas harian mereka. Karena tak memiliki atap, para pengendara roa dua ini seringkali mengalami kesulitan dan harus ektstra hati-hati ketika melaju di tengah hujan karena mudah sekali untuk kecelakaan.

Maka dari itu para pengguna sepeda motor lebih baik selalu berhati-hati dan bersikap lebih cerdas dalam menyikapi kondisi berkendara ketika sedang hujan.

Nah, berikut ini ada beberapa tips yang bisa kamu lakukan ketika berkendara pada kondisi hujan.

1.Pastikan jas hujan milikmu sudah siap di kendaraan, gunakan jas hujan yang terpisah antara atasan dengan bawahan. Jangan gunakan jas hujan berjenis raincoat ponco karena rentan menyebabkan kecelakaan ketika berkendara nanti.

2.Pastikan juga motormu dalam keadaan baik, Periksa rem dan ban serta tekanan anginnya. Jangan lupa perhatikan juga sistem kelistrikan yang ada pada motor.

3.Ketika Hujan turun, jangan berhenti mendadak di jalan. Pilih tempat yang aman untuk berteduh dan menggunakan perlengkapan jas hujan. Berhenti secara mendadak bisa berpotensi menyebabkan tertabrak dari belakang oleh pengendara lainnya.

4.Ketika sedang berkendara, Jaga jarak motor anda dengan pengguna jalan lainnya. Jangan gunakan lampu hazard karena bisa membuat bingung pengendara lain yang ada di belakangmu.

5.Selalu waspada dalam berkendara. Hati-hati jika ada jalanan yang berlubang atau tergenang oleh air. Bisa saja genangan tersebut berada tepat diatas jalanan yang memiliki lubang besar yang bisa membuatmu celaka.