Tips Beli Mobil Bekas – Mobil memang merupakan sebuah alat transportasi yang dibutuhkan oleh berbagai macam orang, di Indonesia sendiri pengguna mobil bisa mencapai puluhan juta pengguna mobil.

Saat ini di Indonesia, tidak semua orang bisa membeli mobil baru yang jauh lebih mahal, banyak orang-orang yang lebih memilih mobil bekas. Nah kalau kamu sedang mencari mobil bekas maka kamu wajib mengetahui Tips Beli Mobil Bekas Bursaotomotif.

Baca Selengkapnya: Daftar Motor Listrik Yang Bisa Kamu Beli di Indonesia

Tips Beli Mobil Bekas Agar Tidak Merugi

Saat membeli mobil bekas kamu dituntut harus teliti dan tepat dalam memilih mobil, berikut ini langkah – langkah baik yang harus kamu ambil saat membeli mobil bekas.

1. Tempat Pembelian Mobil

Tidak semua penjual mobil bekas yang menjual mobilnya secara online, ada berbagai dealer yang khusus menjual mobil bekas di kota-kota besar di seluruh Indonesia.

Membeli mobil ke showroom yang khusus menjual mobil bekas, kamu bisa memilih berbagai macam jenis mobil dengan kriteria yang kamu inginkan. Namun biasanya Showroom tersebut mengikuti pasarah harga jual mobil bekas yang terbilang sedikit lebih mahal.

Kalau membeli mobil bekas secara online, kamu bisa mengatur pertemuan dengan sellernya langsung.

2. Mengecek Keadan Mesin Mobil

Hal yang paling penting saat membeli Mobil Bekas di showroom maupun online kamu harus tahu bagaimana dengan kondisi mesin mobilnya.

Banyak orang yang membeli mobil bekas yang tergesa-gesa dan langsung membeli tanpa mengecek keadaan mesin mobilnya yang bisa membuatnya rugi pembeli. Kamu harus mengetahui keadaan dari mesin apakah pernah rusak atau tidak.

Mesin mobil yang baik ialah saat menyalakan dengan starter tidak terdengar suara aneh dari mesin mobil, suara mesin mobil yang halus ialah salah satu mobil yang rutin di service tiap bulannya tanpa kendala sama sekali.

Banyak orang yang membeli kendaraan suka melewati poin penting ini, kamu juga harus coba menjalankan kendaraan dan melakukan oper gigi mobil apakah ada kendala atau tidak.

3. Interior Dalam Mobil

Setelah mengecek mesin mobil, kamu juga harus coba interior dalam mobil yang mana masih berfungsi dan yang tidak berfungsi seperti AC Mobil, Killometer, Dashboard, Lampu-Lampu, Radio, Jok, dan lainnya.

4. Cek Fisik Dan Kelengkapan Surat

Saat membeli Mobil bekas, kamu juga wajib mengecek fisik dan kelengkapan surat-surat. Pastikan kamu mendapatkan BPKB dan STNK yang asli. Perhatikan juga keaslian BPKB dan STNK mobil tersebut, karena saat ini banyak sekali beredar BPKB dan STNK palsu agar mobil curian laku dengan harga tinggi.

Agar lebih meyakinkan lagi, kamu bisa mengecek fisik bkpb, stnk dan mobil, Proses cek fisik sendiri dilakukan atas izin pemilik mobil. Jangan pernah ragu sekalipun untuk meminta cek fisik pada pemilik mobil tersebut. Jika Anda memang sudah yakin akan membeli mobilnya, pemilik biasanya akan bersedia jika mobilnya dilakukan cek fisik.

5. Asuransi

Terakhir ialah Asuransi, jangan ragu bertanya kepada penjual mobil apakah mobil ini mempunyai asuransi atau tidak, jika mobil yang kamu akan beli mempunyai asuransi. Maka kamu sangat beruntung, karena kamu bisa melakukan proses balik nama di perusahaan asuransi mobil tersebut terdaftar.

Penutup

Nah kalau kamu sudah yakin dengan mobil bekas tersebut, dari tipe, jenis dan harganya kamu bisa membelinya. Tapi kamu juga harus pertimbangkan dengan tipe lainnya yang sesuai dana yang kamu punya. Sekian tips dari Bursa Otomotif Sunter.