
Meskipun menggunakan motor bila harus berhadapan dengan macet yang padat, maka motor pun tidak dapat berlaku banyak seperti menyelip dan sebagainya. Mau tidak mau harus menunggu sampai nanti jalanan bisa kembali berjalan, hanya saja keadaan yang sedang kamu lalui sekarang berbeda. Biasanya kamu menggunakan motor matic dimana hanya dengan melakukan gas dan juga rem, tetapi kali ini kamu sedang menggunakan kopling. Yang dimana motor ini sangat berbeda dengan motor matic yang biasanya kamu gunakan. Tentunya lebih mudah menggunakan motor matic, karena kamu tidak harus ribet dan membagi konsentrasi kamu dengan kopling, gas, dan rem yang harus terus dimainkan agar bisa sesuai.
Ketika menghadapi kemacetan ketika sedang menggunakan motor kopling, untuk pemula akan dirasa itu menjadil hal yang sulit. Selain memang lebih sulit juga lebih cape lagi, karena memang harus dapat memperhitungkan kondisi dari jalanan yang dilalui tersebut. Menjadi hal pertama untuk kamu saat sedang membawa motor koping itu di jalanan yang sedang macet, pasti kamu akan merasa panik dan juga kebingungan karena belum terbiasa menghadapi situasi tersebut. Padahal langkah pertama yang harus kamu lakukan tersebut adalah memiliki kesiapan serta jangan adanya rasa panik. Berikut cara mengendarai motor kopling saat sedang macet di tanjakan untuk para pemula, jangan sampai kelewatan.
1.Menurunkan Perseneling ke Gigi Rendah

Macet dengan menggunakan motor kopling saja rasanya sudah sangat melelahkan dan tugas banget, untuk bisa sigap dengan segala kondisi yang ada ketika macet. Dimana kaki harus bermain dengan kopling, gas, serta rem. Apalagi kondisi yang sekarang harus kamu hadapi adalah bermacet – macetan di tanjakan, dimana itu merupakan posisi yang sangat tidak mengenakan sekali untuk para pengendara kendaraan kopling.
Jadi apa yang seharusnya kamu lakukan untuk bisa mengatur motor kamu ketika sedang berada pada situasi macet di tanjakan. Pertama tentunya kamu harus merasa tenang dan tidak panik dengan situasi yang sedang kamu hadapi sekarang. Lalu setelah itu kamu dapat memindahkan perseneling kamu pada gigi yang rendah. Alasan mengapa memindahkan perseneling pada gigi yang rendah itu, karena ketika sedang macet itu akan dihadapkan dengan keadaan jalan yang merayap. Melakukan hal ini juga dapat berpengaruh ketika sedang berada pada situasi yang macet dan menanjak.
2.Menggantung Kopling Setengah

Ketika sedang berada pada situasi yang macet dan juga menanjak, membuat kamu harus bisa telaten dalam memainkan gas, rem, dan juga kopling. Ini bertujuan agar motor yang kamu gunakan tersebut tidak mati mendadak saat akan digunakan, karena biasanya saat sedang macet membuat kamu harus berhenti dan berada pada gig yang netral.
Lalu pada saat sudah mulai maju kembali, kamu harus bisa memulainya kembali dengan tepat. Karena situasinya ini berbeda saat akan memulai maju kembali pada jalanan yangdatar, jadi caranya itu kamu harus dapat menggantung kopling kamu setengah. Maksudnya adalah dengan menginjak pedal kopling itu setengah saja, jangan ditekan sepenuhnya.
3.Gas Dengan Stabil

Tidak ingin pastinya mesin yang kamu gunakan saat sedang berada di tanjakan pada posisi yang menanjak itu mati seketika. Karena bisa – bisa motor yang kamu gunakan tersebut mundur dan bisa menubruk kendaraan yang berada di belakang kamu. Ini menjadi hal yang sangat membahayakan sekali, bukan hanya membahayakan diri sendiri tetapi juga bisa membahayakan orang lain yang berada di sekitar kamu.
Untuk menghindari hal tersebut dapat terjadi, maka kamu harus bisa menggunakan gas kamu dengan stabil. Karena ini bisa membuat mesin dari motor kamu tidak muda mati atau mesinnya yang mati.
Itulah beberapa cara mengendarai motor kopling di keadaan macet tanjakan.