Pembelian mobil baru ini telah diumumkan oleh Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto di hari Kamis, 11 Februari 2021. Dimana dalam keterangan resminya telah disebutkan bahwa insentif PPnBM ini diberikan kepada mobil dengan kriteria ternetntu. Dimana Airlangga ini juga mengatakan relaksasi akan diberikan kepada mobil penumpang 4 kali 2, termasuk sedsan dengan kubikasi mesin kurang dari 1.500 cc dengan kandungan lokal sebesar 70 persen. Melihat persyaratan ini berarti hanya pabrikan yang memiliki fasilitas perakitan di negara Indonesia dan hanya bisa menikmati regulasi ini terutama pabrikan asal negara Jepang.

Dimana Toyota, Daihatsu, Mitsubishi, honda, Suzuki, dan Nissan karena menggunakan fasilitas Mitsubishi. Pabrikan asal negara China, seperti Wuling dan DFSK. Sedangkan merek Eropa ini memang ada yang dirakit secara CKD (Compeletely Knocked Down), tetapi kandungan lokalnya tidak mencapai 70 persen.

Melihat persyaratan ini berarti hanya pabrikan yang memiliki fasilitas perakitan di negara Indonesia dan hanya bisa menikmati regulasi ini, terutam pabrikan asal negara Jepang. Toyota menjadi slaah satu merk yang paling banyak menyediakan mobil di bawah kapasitas mesin sebesar 1.500 cc. Dan beruntungnya semua ini telah diproduksi dalam negeri.

Nissan yang produknya banyak datang dari negara Thailand dan mungkin hanya All New Livina yang bisa kita dapat relaksasi. Sedangkan Suzuki ini bisa dibilang menjadi sebuah merk dengan impor paling banyak dan terlebih di kelas mesin 1.500 cc ke bawah.

Mobil yang diproduksi lokal hanya Karimun Wagon R, karena telah masuk dalam sebuah skema LCGC. Selebihnya akan masih banyak yang didatangkan dari negara India, myulai dari Ignis, Baleno, SX-4, sampai dengan Jimny yang khusus datang dari negara Jepang.

Daftar mobil di bawah kapasitas mesin 1.500 cc yang tidak memperoleh bantian insentif PPnBM 0 persen, yaitu:

Daihatsu All new Sirion 201.7 juta rupiah sampai dengan 216.5 juta rupiah. Honda New City 352.6 juta rupiah, Nissan All New Kicks e-Power 451 juta rupiah, All New Magnite 208.8 juta sampai dengan 238.8 juta rupiah. Dan Suzuki New Ignis 175.5 juta eupiah sampai dengan 204.5 juta rupiah, Suzuki New Baleno 235 juta smapai dengan 247.5 juta rupiah. Suzuki New SX-4 S-Cross ini dibanderol dengan harga sebesar 302 juta sampai dengan 317 juta rupiah.

Nah itu dia beberapa daftar mobil dibawah 1.500 cc yang tidak memperoleh insentif PPnBM.