Cara Perawatan Motor Listrik – Motor Listrik memang sudah keluar bisa di beli di Indonesia saat ini, Kendaraan tenaga listrik diprediksikan akan menjadi primadoan di Indonesia di tahun-tahun mendatang.

Mungkin bagi yang sudah mempunyai motor dengan tenaga listrik memilih motor ini agar lebih hemat dan ramah lingkungan juga.

Saat ini, Ada banyak sekali orang yang menanyakan bagaimana cara perawatan motor Listrik itu sendiri? Perawatan motor listrik sangat mudah dan bisa kamu lakukan sendiri tanpa perlu pergi kebengkel motor.

Nah daripada bingung bagaimana cara perawatannya, yuk kita simak Cara Perawatan Motor Listrik.

Baca Selengkapnya: Tips Menghindari Pencuri Sepeda Motor.

Cara Perawatan Motor Listrik

Tentunya sebagai motor listrik membutuhkan perawatan agar motor bisa tetap berjalan tanpa ada masalah.

Perawatan Motor Listrik bisa terbilang lebih mudah dari motor biasanya, nah saya akan jelaskan secara detail, apa yang harus kamu lakukan saat melakukan perawatan motor.

1. Mengecek Baterai Motor

Baterai merupakan hal yang paling penting dari motor listrik karena pusat dari tenaga motor itu sendiri. Tanpa adanya baterai, Motor Listrik tidak akan bisa jalan.

Hal yang harus kamu perhatikan adalah bagian baterai agar performa motor listrik dan kualitasnya tetap terjaga. Jika di musim hujan kamu harus mengecek keadaan baterai. Karena di musim hujan, jika air hujan sampai terkena baterai bisa menyebabkan korsleting listrik.

Kalau hal ini terjadi bisa membuat motor listrik rusak dan bahkan terbakar seperti Speedometer atau Lampu Motor. Itu Sebabnya kamu jangan sekali-kali nekat berkendara saat hujan angin ataupun menerobos banjir karena bisa merusak motor listrik itu sendiri.

Jadi jika kamu bekerja dan meninggalkan motor kamu di parkiran, ada baiknya melepas baterai motor agar tidak terkena air dari hujan maupun banjir.

Jika sudah terlanjur terkena air, alangkah baiknya kamu jangan menyalakan motor listrik agar tidak terjadi korsleting listrik. Kamu bisa menghidupkan motor kembali jika motor sudah dalam keadaan yang benar-benar kering.

2. Memberikan Pelumas Di Komponen Motor

Agar motor listrik kamu tetap berada dikeadaan prima hal berikutnya yang kamu harus lakukan adalah memberikan pelumas di kompone-komponen motor seperti Terminal Battery ataupun di Gear motor.

Jika komponen motor kurang pelumas biasanya akan muncul suara gesekan entah itu dari gear ataupun Terminal Battery. Itu sebabnya kamu bisa memberikan pelumas khusus untuk motor listrik kamu.

Kamu juga tidak perlu lagi rutin ganti oli maupun servis mesin motor karena, motor listrik sangat mudah dilakukan perawatannya. Memberikan Oli atau pelumas di komponen motor sudah bisa membantu motor untuk tetap prima.

3. Cek Rem

Hal yang sama dari motor listrik maupun motor biasa adalah mengecek keadaan rem, Rem berfungis untuk mengendalikan kecepatan motor agar menghindari kecelakaan. Kamu bisa mengecek kampas rem di motor listrik dan mengganti kampas rem jika sudah habis.

4. Cek Kondisi Ban Luar dan Dalam

Mengecek kondisi ban dalam cukup mudah yaitu dengan mengecek tekanan angina yang ada di dalam ban motor tersebut, normalnya Ban depan motor harus mempunyai tekanan angina 30 PSI dan Ban Belakang dengan tekanan 35 PSI.

Kamu juga harus mengecek keadaan ban luar, jika ban luar sudah botak, maka kamu harus segera mengganti ban luar dari motor listrik kamu. Jangan pernah mencoba menggunakan ban motor yang botak jika tidak ingin mengalami kecelakaan sepeda motor.

Nah itulah Cara Perawatan Motor Listrik, memang motor listrik mempunyai kelebihan dan kekurangannya sendiri dibandingkan motor biasa. Namun agar motor listrik tetap prima kamu harus mengecek hal-hal tersebut yang sudah di bahas.