Melihat perkembangan industri otomotif khususnya pada mobil, kadang membuat orang berkeinginan memiliki mobil keluaran terbaru dengan tujuan untuk mengikuti tren atau memang untuk kebutuhan tertentu. Namun terkadang dana menjadikan sebuah kendala untuk membeli sebuah mobil keluaran terbaru, dan mengharuskan mencari alternatif membeli mobil bekas. Apalagi pada masa pandemi Covid-19 ini, cara agar mengurangi tertularnya virus Covid – 19 adalah menggunakan kendaraan pribadi.

Memiliki kendaraan pribadi seperti mobil dapat mengurangi penyebaran virus Covid-19, dikarenakan berpergian menggunakan transportasi umum dapat meningkatakan penyebaraan virus Covid-19 diingat virus ini tidak bisa terdeksi secara  kasat mata.

Jadi memiliki mobil pribadi bukan lagi semata-mata untuk kepuasan sendiri namun juga bisa mencegah penyebaran virus Covid-19, namun untuk membeli mobil bekas juga kita harus teliti dalam memilih mobil dari segala aspeknya, sehingga mendapatkan mobil berkualitas dengan harga murah. Karena  jika sampai salah pilih bukannya mobil bekas murah berkualitas yang didapat melainkan  pengeluaran mobil bekas yang tinggi untuk perbaikan mobil.

Berikut beberapa tips yang bisa dilakukan dalam membeli mobil bekas yang berkualitas.

1. Bawa teman atau Mekanik Ahli

Bawa teman atau Mekanik Ahli

Sebaiknya kita membawa teman atau orang yang ahli dalam urusan teknis pengecekan mobil, karena untuk melakukan pengecekan mobil seken diperlukan ketelitian. Bagi orang yang berpengalaman dalam urusan mobil, hal ini mungkin bukan masalah yang rumit, namun bagi pembeli pemula hal ini diperlukan bantuan seseorang yang lebih ahli dibidangnya ataupun kepada teman yang mengerti hal tersebut.

Jika anda tidak memiliki kenalan yang dapat membantu dalam memilih mobil bekas, Jasa inspeksi mobil bekas menyediakan jasa untuk pengecekan mobil bekas yang akan dikerjakan oleh orang yang berpengalaman dalam mobil bekas dengan bantuan oleh orang yang lebih profesional, jelas akan membuat kita semakin yakin untuk membeli mobilnya.

2. Kelengkapan surat

Kelengkapan surat

Walaupun mobil bekas pembeli mobil juga harus memperhatikan surat surat kedaraan seperti STNK, BPKB dan surat pendukung yang lainnya, untuk memastikan mobil yang akan  dibeli bukan mobil ilegal melaikan mobil resmi yang memiliki surat surat yang lengkap.

3. Pastikan kondisi mesin dan kondisi fisik luar

Pastikan kondisi mesin dan kondisi fisik luar

Melakukan pengecekan bagian fisik luar mungkin sangat mudah karena bisa langsung terlihat, tetapi untuk melakukan pengecekan bagian dalam mobil anda harus memeriksa bagian mesin mobilnya. Ini merupakan bagian penting dalam proses pembelian mobil, mobil yang akan dibeli harus mudah di starter, sekaligus perhtikan suara mobil tidk kasar dan perhatikan tidaka adanya kebocoran pada komponen mesin

4. Coba kendarai

Coba kendarai

Setelah melakukan pengecekan  pada mesin mobil, kualitas mobil tidak hanya bisa dilihat dari luarnya saja namun akan lebih terasa jika kita coba test drive maka dari itu mintalah untuk uji coba kedaraan di jalan raya supaya dapat memeriksa performa dari mesin, rem, transmisi dan kaki mobil, hal ini juga dilakukan untuk pengecekan kenyamanan saat berkendara dengan mobil tersebut.

5. Catatan servis lengkap

Catatan servis lengkap

Catatan servis yang lengkap sangatlah penting untuk ditanyakan supaya tau keadaan mobil yang akan dibeli memiliki riwayat servis yang baik, mungkin untuk pembelian mobil baru pada saat pembelian akan mendaapat servis gratis, namun tidak untuk pembelian mobil bekas, maka dari itu perlu melakukan pengecekan surat catatan servis lengkap, jika sudah dipastikan mobil yang akan dibeli melakukan servis secara berkala, maka mobil yang akan dibeli sudah dipastikan memiliki performa yang optimal dan berkendara akan selalu aman dan nyaman, sekaligus terhindar dari mogok.

Telitilah dalam memilih mobil bekas supaya dapat mobil murah yang berkualitas, membeli mobil merupakan suatu + pengeluaran yang besar, oleh karena itu cermatlah dalam memilih dan jangan terburu-buru untuk melakukan transaksi, telitilah dalam memeriksa kondisi mobil dan kelengkapan surat, dengan  itu anda akan terhindar dari kerugian saat membeli mobil bekas.