Bagi para pemula mengendarai sebuah mobil membutuhkan beberapa cara yang tepat untuk digunakan dan terbilang cukup mudah. Mobil merup-akan salah satu kendaraan yang akan memberikan kenyamanan yang tinggal di kota besar dan memiliki tingkat kemacetan yang tinggi. Bahkan mobil matic juga akan lebih nyaman, karena tidak diperlukannya menginjang koplik atau lainnya. Kali ini, kami akan mengajarkan kepada kalian bagaimana cara mengemudikan mobil matic. Dan hal-hal apa saja yang perlu diketahui dalam belajar mobil yang perlu kalian ketahui. Langsung saja simak cara lengkapnya berikut di bawah ini!

Tips Belajar Mengemudi Mobil Matic

1. Pastikan Tuas Berada di Posisi P atau Parkir

Pastikan Tuas Berada di Posisi P atau Parkir

Tips yang pertama ini ialah untuk memastikan tuas berada di posisi yang benar. Sebelum kalian menyalakan mobil, posisi tuas ini harus ada di posisi P atau posisi N. Oleh sebab itu, kita harus memastikan tuas tidak sedang berada di posisi reverse atau R atau yang berarti mundur. Mobil matic ini juga hanya akan bisa dihidupkan saat posisis tuas berada di posisi N dan juga P.

2. Tidak Langsung Menghidupkan Mesin

Tidak Langsung Menghidupkan Mesin

Cara lain yang bisa kalian lakukan adalah tidak langsung menyalakan mesin. Dimana kalian bisa pastikan menunggu sampai dengan jarum berputar dan indikator telah aktif atau menyala. Di beberapa jenis mobil matic ini akan memberikan suara. Jika semua indikator telah aktif, maka kalian sudah bisa menyalakan mesin mobil kalian.

3. Menginjak Pedal Rem

Menginjak Pedal Rem

Di beberapa mobil matic, mesin mobil tidak akan berada di posisi hidup. Jika kalian tidak menekan pedal bagian rem. Oleh sebab itu, sebaiknya kalian saat menstarter mobil langsung segera menginjeka rem telebih daulu. Tetapi pada beberapa mobil matic, cara ini tidak diperlukan. Oleh sebab itu, kalian bisa pastian mengetahui jenis kendaraan kalian sendiri.

Jika mesin sudah menyala, kalian bisa melakukan pemindahan tuas yang semua berada di posisi P atau N untuk dipindahkan pada posisi tuas R atau D. Tetapi ketika kalian akan emmindahkan tuas pada persneling mobil akan lebih baik jika kalian menekan pedal bagian rem secara bersamaan. Hal ini sendiri berguan untuk mencegah terjadinya resiko kerusakan mesin mobil matic.

4. Memahami Fungsi Tuas Transmisi

Memahami Fungsi Tuas Transmisi

Tuas transmisi disebut juga sebagai [erseling yang merupakan komponen penting pada sebuah mobil. Pada umumnya, mobil ini memiliki beberapa pengaturan transmisi, seperti P, D, R, N, dan M. Oleh sebab itu, kalian harus memahami secara betul setiap fungsi dan akan lebih akman tidak melakukan kesalahan saat pemidahan gigi pada transmisi.

5. Menggunakan Mode Berkendara

Menggunakan Mode Berkendara

Mobil matic ini sudah dilengkapi dengan riding mode ialah mode ekonomis yang sangat cocok digunakan berkendara dengan lebih santai dan mengguankan mobil matic. Kalian juga bisa menggunakan mdoe sport. Mode ini sendiri akan membuat performa mesin mobil menjadi lebih maksimal dan juga optimal saat digunakan berakselerari.

6. Menggunakan Transmisi Manual

Menggunakan Transmisi Manual

Dan yang terakhir adalah mobil matic telha dilengkapi dengan adanya mode manual. Cara mengoperasikan mobil ini juga telah dilengkapi dnegan adanya mode manual. Bagkan kalian tidak perlu untuk melakukan perpindahan gigi serta menginjak koplik. Untuk menggunakan mode ini, kalian juag perlu menekan pedal rem.

Nah itu dia 6 tips cara belajar menegendarakan mobil matic yang bisa kalian pelajari dan pahami bagi para pemula!