Ban merupakan salah satu bagian penting dalam sebuah kendaraan, hal ini karena ban menjadi satu-satunya yang berhubungan dengan jalanan secara langsung. Sehingga sangat erat kaitannya dengan kenyamanan serta keamanan pengendara serta penumpangnya.

Sama seperti komponen kendaraan lainnya, Ban juga perlu diganti jika sudah dibutuhkan. Lalu, Kapan waktu yang tepat untuk mengganti ban mobil? Nah, berikut ini kamu rangkum ciri-ciri ban yang harus segera diganti.

1.Umur Ban Lebih dari 3 Tahun

Ketika ban mobil anda sudah berumur lebih dari 3 tahun, maka hal tersebut menjadi penanda bahwa Ban tersebut harus diganti agar keamanan berkendara tetap terjaga.

Hal ini dikarenakan Ban mobil berbahan utama karet yang elastis tentu saja semakin lama semakin berkurang tingkat elastisitasnya. Sehingga perlu diganti agar tidak menjadi getas karena sudah kehilangan kelenturan.

Jadi jika ban anda sudah hampir memasuki usia 3 tahun, segeralah ganti agar memberikan keamanan saat berkendara. Meskipun ban tersebut masih tebal karena jarang dipakai kamu harus tetap menggantinya.

2.Jarak Tempuh 40Km

Ada acuan yang bisa kamu ikuti ketika ingin mengganti ban mobilmu, Jika jarak tempuh sudah mencapai 40 Ribu KM dan belum 3 tahun usia pakai. Maka sangat disarankan untuk mengganti ban anda.

Jika ban mobil anda sering menempel aspal dalam perjalanan jauh maka bisa mengurangi ketebalannya sehingga menyebabkan ban tipis dan gundul. Jadi kamu juga perlu memahami jarak tempuh ban kamu.

3.Ketebalan Tapak Ban sudah mencapai Batas TWI

Ban mobil biasanya akan diberikan indikasi TWI (Tread Wear Indicator), TWI Merupakan batas keausan ban yang diijinkan untuk tetap dipakai dan jika memang ban sudah menyentuh segitiga TWI maka secepatnya harus segera diganti.

Ada 2 posisi indikator ban TWI yang bisa anda perhatikan yaitu bagian tepi ban dan tengah telapak ban.

4.Ban Gundul

Selain kondisi diatas, ada satu lagi kondisi yang menyebabkan ban mobil harus segera ganti yaitu Ban Gundul. Ban gundul yang terletak di tengah sedangkan dibagian tepi bannya masih bagus. Sebaiknya ban harus segera diganti agar tidak beresiko pada keselamatan berkendara anda.

Kesimpulan

Anda telah membaca Panduan mengganti ban mobil yang benar agar keselamatan berkendara anda nyaman dan aman. Semoga dengan tips ini anda semakin sadar bahwa pentingnya untuk mengganti ban mobil secara berkala.