Jalan yang menanjak merupakan sebuah rintangan yang menjadi momok menakutkan bagi pengemudi pemula terutama ketika mobil yang digunakan masih manual.

Salah satu yang menjadi kesulitan adalah ketika mobil harus berhenti beberapa saat berada di tanjakan. Jika kita salah teknik, saat mobil kembali berjalan setelah berhenti di jalan menanjak. Bisa saja mesin tiba-tiba mati atau mobil malah tergelincir.

Nah, dilansir dari laman resmi NTMC Polri, berikut ini ada tiga cara yang tepat untuk dilakukan saat menghadapi jalan menanjak.

1.Teknik Rem Tangan

Menggunakan rem tangan merupakan cara yang paling tepat saat mobil berhenti dalam waktu yang lama. Saat ingin berhenti, kamu bisa menginjak pedal rem kaki dan kopling untuk menghentikan mobil.

Setelah itu, angkat tuas rem dan masukan perseneling ke gigi netral. Ketika ingin berjalan, masukan perseneling ke gigi satu, tekan pedal gas lalu lepas kopling hingga mobil sedikit bergetar. Setelah itu barulah lepas rem tangan dan tekan gas lebih dalam.

2.Teknik Rem Kaki

Nah, untuk teknik rem kaki. Kamu bisa melakukannya dengan menekan pedal kopling dan rem kaki ketika berhenti. Saat ingin berjalan, lepas sedikit pedal kopling hingga mobil bergetar.

Lalu lepas rem kaki secara perlahan, bila mobil mulai bergerak tekan gas hingga mobil melaju. Teknik ini bisa digunakan ketika menghadapi tanjakan yang tidak terlalu tinggi dan hanya berhenti sebentar.

3.Teknik Setengah Kopling

Teknik ini sebaiknya kamu gunakan ketika mobil berhenti singkat di tanjakan yang tidak curam. Karena teknik ini bisa membuat bahan bakar boros dan merusak kampas kopling.

Untuk berhenti, injak pedal kopling sambil menahan pedal gas hingga mobil berhenti, apabila ingin kembali berjalan maka angkat kopling perlahan sembari menginjak pedal gas hingga mobil melaju.

Itulah tips untuk pengemudi pemula ketika mengendarai mobil dalam tanjakan di jalan raya.